Diduga, Dua Proyek Di Kabupaten Bogor Mangkrak dan Asal Jadi | Media Mata Bind




Bogor, 20-02-2021

Milyaran rupiah uang rakyat berpotensi akan kembali terbuang percuma dengan maraknya proyek Infrastruktur ASAL JADI yang dilaksanakan melalui komando Dinas PUPR kab. Bogor.
--
Ada 2 (dua) buah proyek  di duga total nilai anggaran hampir mencapai Rp. 9 Milyar yang 'kebetulan' juga memiliki tanggal SPMK dengan bulan yang sama menjelang akhir September 2020 dapat berpotensi untuk ter-klasifikasi sebagai proyek ASAL JADI hingga MANGKRAK.




Ke 2 (dua) proyek tersebut adalah Proyek Pembuatan Dinding Penahan Tanah pada Jalan CIMANDALA-SUKARAJA (DAS) diduga sebagai proyek ASAL JADI dengan melihat fisik hasil kerja yang mana banyak retakan  pada dinding yang dibangun, sementara pada proyek yang satunya lagi yaitu Pembangunan Jembatan KALIBARU II pada jalan lingkar Kebun Raya Cibinong (Cibinong Botanical Garden) diduga anggaran tersebut hingga sampai menelan Rp. 8 Milyar, malah dikhawatirkan akan terkatung-katung atau Mangkrak bila dilihat dari masa pelaksanaannya yang tercantum selama 95 hari kalender sejak terbitnya SPMK tertanggal 24 September 2020.

Kedua proyek tersebut di atas ternyata memiliki kesamaan lainnya yaitu sama-sama diawasi oleh PT. DRESSA CIPTA REKAYASA sebagai KONSULTAN PENGAWASnya.
---



Berdasarkan informasi dari warga sekitar proyek serta pengamatan langsung keadaan sekitar lokasi proyek Pembangunan Jembatan KALIBARU II, ternyata pihak pelaksana proyek tersebut justru melakukan penggalian atau pengerukan tanah atas kedua sisi bibir sungai lokasi proyek untuk melakukan pengurukan atas pembangunannya, oleh karena pengerukan tersebut justru berpotensi menimbulkan longsor dan kerusakan wilayah sekitar proyek bahkan tidak tertutup kemungkinan akan dapat merobohkan Proyek Jembatan itu sendiri disebabkan erosi dari kedua sisi sungai dan jembatan tersebut.
----


Upaya MediaMataBind.My.Id untuk menggali aneka informasi lanjutan dari pihak Pelaksana, Konsultan Pengawas hingga Dinas PUPR Kabupaten Bogor terkait kedua proyek tersebut belum dapat kami peroleh hingga berita ini ditayangkan.

By : Hardadi Sulaksmono

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

Lebih baru Lebih lama