Wisata Parit Batu Ampar Galunggung



MEDIA MATA BIND 
 Parit Batu Ampar Galunggung Bukti nyata budaya Cegah Banjir & sistim pertahanan Sunda Galuh kuno dimasa lalu..

* Batu Ampar Galunggung ternyata Merupakan Parit Sunda Galuh kuno paling penomenal.utk Pertahanan & Antisipasi Banjir... 

* Parit Sunda Galuh kuno terbesar utk cegah Banjir & pertahanan perang dimasa lalu ternyata Batu Ampar Galunggung...

* Batu Ampar Galunggung ternyata mrpkn Parit Sunda Galuh kuno Terbesar utk cegah bencana dan pertahanan yg sangat dihormati para raja2 dimasa lalu.... 



Bila kita Cermati Isi Prasasti Geger Hanjuang yg berada di kec Leuwisari Galunggung Tasikmalaya berbunyi :
" Tra ba i Guna apuy na 
Sta gomati sakakala ru matak
Disusuk ku Batari Hyang pun "
Yang Terjemahanya al : 
Pada tahun 1033 Saka ( 1111 M )
Ibukota Rumantak digali Parit utk memperkuat Pertahanan oleh Batari Hyang ( sbg Raja Galunggung ) 


Disini tersirat jelas bahwa Sang Batari Hyang Sbg seorang Raja di Galunggung telah Nyusuk menggali Parit utk memperkuat Sistem Pertahanan ibukota  , sekaligus sbg Saluran pengairan utk Mencegah Banjir. Jika Seorang Rsja bisa Membuat Parit pada masa itu Merupakan sebuah Prestasi yg luar bisa. Makanya Seorang Raja sbg Penguasa , baru berani buat Tulisan Peringatan Prasasti Batu,  jika sudah mampu Buat Parit yg bisa Dibanggakan. 


Dan Kebetulan pada zaman itu Parit Galunggung  merupakan Parit Paling Besar Dan Paling Fenomenal yg pernah dibuat. Sehingga sangat dihormati para Raja2 Sunda Galuh bahkan raja Nusantara setelahnya.. 
Hal ini bisa kita simak sebagaimana yg terulis dlm Naskah lontar  Amanat Galunggung yg ditulis oleh Raja  Penerusnya Prabu Darmasiksa sekitar Thn 1175  M yg berbunyi ; 
" Tetaplah mengikuti ucapan Orang tua para Leluhur  , MELAKSANAKAN AJARAN YG MEMBUAT PARIT GALUNGGUNG..agar ungul dalam perang . Agar lama Berjaya.. dst "
( jaga isos di Carek nu Kwalwat , Ngalalwakon Agama nu Nyusuk na Galunggung. Jaya Prang. Heubeul Nyewana....dst ) 
Disini Tersurat jelas " Ikuti Ajaran yg Membuat Parit Galunggung " artinya Parit Galunggung itu diakui sbg Parit Paling besar dan Paling Luar biasa yg pernah ada di Tatar Sunda. Makanya ajaran2 yg dibuat di Kabuyutan Galunggung ( merupakan Amanat2 yg ditulis diatas daun lontar dikenal sbg Amanat Galunggung ) merupakan Penghormatan kpd Sang Raja sbg Pembuat Parit yg dianggap paling Sakral dan paling  Fenomenal, yang mana selanjutnya Ajaran2nya tsb  dijadikan Pedoman para Raja2 sbg Acuan dlm Berprilaku dan Bernegara di Tatar Sunda Galuh . 


Kemudian Berbicara Parit yg disebut dlm Prasasti Geger Hanjuang.. muncul Pertanyaan Bagaimana wujudnya dan Dimana Parit tsb berada ? .., dari hasil Penelusuran beberapa tim Expedisi dan dari Ceritra2 Rakyat disekitar kawasan Galunggung.. yg diduga sbg Ujung Parit tsb Adalah BATU AMPAR yg  ada di desa Linggawangi Kec Leuwisari. Berupa Lempengan Batu Yg Terhampar Luas Lebar sekitar 10 M sd 15 M..tinggi bervariasi tergantung kontur alam mulai 5 m sd 100 m ,  Panjangnya sampai ke Dinding Ari Puncak Galunggung sekitar 15 sd 20 Km.. adapun Menurut salah seorang ahli Geolog Ir Abdul Rahman Batuan tsb merupakan Gletser yg berusia sekitar 6.500 Th SM...itulah Yg diduga kuat Sbg Parit Galunggung. Dan Parit itupin berdasarkan tim Expedisi tidak hanya satu tapi ada sekitar 7 Parit besar yg muaranya dari Kawah Purba. Menyatu kembali di Batu Ampar Curug Mana Wah.. 


Adapun Fungsi dari Parit tsb sudah jelas yaitu ;   
* Disamping sbg Parit Pertahanan Perang . Berfungsi juga utk Menyalurkan Air bila terjadi Hujan Besar.. sehingga bisa Mencegah bahaya Banjir .disamping itu bisa juga berfungsi utk menghubungkan Sumber mata air, sbg Irigasi utk Sawah dan Tanaman Palawija, fungsi  lain yg tidak kalah penting adalah utk Menggali beraneka Tambang yg ada di dasar bumi, sehingga bisa membuat Negara Kaya akhirnya Disegani dihargai dan dihormati oleh Rakyatnya , oleh Para Raja2 , Negara dan lain yg ada dibuana ini..

Editor ( Ryan )

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

Lebih baru Lebih lama