Dilalap si Jago Merah, Toko Puger Sumenep Taksir Kerugian 500 juta Rupiah


MEDIA MATA BIND SUMENEP - Toko Sembako Puger (Toko Puger) yang berada di Jl. Trunojoyo Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep sekira pukul 16.30 Wib mengalami kebakaran (dilalap si jago merah), hingga pada pukul 21.45 Wib api yang membakar Toko Puger  dapat dipadamkan secara keseluruhan oleh petugas pemadam kebakaran. Adapun penyebab kebakaran diduga terjadi karena adanya hubungan arus pendek listrik atau kosleting listrik dari kabel listrik berasal dari bagian belakang Toko. 

Diketahui identitas pemilik Toko Sembako Puger yaitu, H. Moh Nurbasri (76 tahun), alamat Jl. Seludang Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep. Sedangkan toko Puger beralamat di Jl. Trunojoyo No.115 Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep Jawa Timur.

"Adapun korban jiwa Nihil, kerugian materiil diperkirakan lebih kurang Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) yaitu berupa barang sembako dan Kosmetik, baju anak-anak dan barang pecah belah," ungkap Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti S, SH. Selasa (23/7/2024).

Lanjut AKP Widiarti menyampaikan kronologis kejadian, bahwa pada pukul 16.20 Wib, warga masyarakat Desa Kolor melihat Asap dan Api yang berasal dari dalam Toko Puger milik H. Moh Nurbasri.

"Warga masyarakat mencoba memanggil pemilik Toko Puger tersebut, dan selanjutnya warga berserta karyawan Toko Puger berusaha untuk memadamkan Api yang berasal dari Toko Puger dengan menggunakan sarana seadanya," ungkapnya.

Kemudian kata AKP Widiarti, pada pukul 16.25 Wib merasa Api semakin membesar dan tidak dapat dikendalikan kemudian masyarakat memanggil petugas pemadam kebakaran melalui Call Center 112.

"Pada pukul 16.30 Wib petugas pemadam kebakaran berserta personel Polsek Sumenep Kota datang kelokasi kejadian kebakaran dengan membawa sejumlah Mobil pemadam kebakaran dan mobil Backbone Polsek Sumenep Kota," tuturnya.

Selanjutnya kata AKP Widiarti, petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman di Toko Puger, dan personel Polsek Sumenep Kota melakukan pengamanan sekitar lokasi kejadian kebakaran.

"Pada pukul 16.40 Wib, petugas BPBD Kabupaten Sumenep, PDAM Kabupaten Sumenep, petugas PLN, dan unsur medis dari Dinas kesehatan Kabupaten Sumenep datang ke lokasi kejadian kebakaran untuk membantu tugas Pemadam Kebakaran dengan mengerahkan Ambulance lengkap dengan oksigen," terangnya.

Lebih lanjut, pada pukul 21.45 Wib, Api yang membakar Toko Puger dapat dipadamkan secara keseluruhan oleh petugas pemadam kebakaran.

"Penyebab terjdinya kebakaran Toko Puger masih belum diketahui, namun ada dugaan dikarenakan ada konsleting listrik yang berasal dari dalam Toko Puger, dan saat ini masih dalam proses Lidik dari pihak Kepolisian Polres Sumenep. Adapun korban jiwa tidak ada (Nihil), kerugian materiil diperkirakan lebih kurang Rp. 500.000.0000 (lima ratus juta rupiah) yaitu berupa barang sembako dan Kosmetik, baju anak-anak dan barang pecah belah," ungkapnya.

Terdeteksi bahwa; titik Api yang menyebabkan terjadinya kebakaran toko Puger berasal dari area belakang toko. Dan diduga kebakaran terjadi adanya hubungan arus pendek listrik atau kosleting listrik dari kabel listrik berasal dari bagian belakang Toko.

"Saat ini kejadian kebakaran Toko Puger masih dalam tahapan peyelidikan dari team Inafis Polres Sumenep. Setelah pemadaman selesai, Toko Puger dipasangi Garis Police Line oleh pihak Kepolisian Polres Sumenep untuk dilakukaan penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

(Ong)

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

Lebih baru Lebih lama