Kembangkan Sayap di Pulau Dewata Bali, GWI Bangun Soliditas dan Sinergitas Insan Pers


MEDIA MATA BIND BALI - Gabungan Wartawan Indonesia disingkat dengan 'GWI' kini telah hadir di Pulau Dewata Denpasar Bali. Kehadiran Dewan Pimpinan Daerah GWI Bali (DPD GWI Bali) adalah salahsatu upaya DPP GWI untuk mengembangkan sayap organisasi tingkat daerah atau provinsi maupun tingkat Kabupaten/kota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selasa (20/8/2024)

Gita Kusuma Mega Putra akrab disapa bang Putra selaku Divisi Litbang DPP GWI menyampaikan, pembentukan DPD GWI Bali merupakan bagian dari tanggungjawabnya untuk pengembangkan sayap GWI di seluruh Wilayah Indonesia.

"Tujuan kami membentuk DPD GWI di Bali, yang pertama untuk pengembangan organisasi GWI, dan selanjutnya untuk membangun kebersamaan atau soliditas antar insan pers di Pulau Dewata Bali," ujarnya.

Kata Putra, karena GWI itu Gabungan Wartawan, jadi kita rangkul Wartawan dan Wartawati yang berminat bergabung. Tentu Wartawan tersebut dari berbagai perusahaan media (media mainstream) baik media cetak ataupun media online.

"Postur organisasi GWI itu terdiri dari gabungan Wartawan dari berbagai perusahaan media mainstream baik cetak ataupun online," tegasnya.

Lanjut kata Putra, sementara ini di DPD GWI Provinsi Bali baru ada sekitar 10 Wartawan. Mereka ini berasal dari perusahaan media mainstream yang berbeda.

"Kalau target sih, sebanyak mungkin Wartawan yang bergabung ke kita GWI Bali. Tidak ada batasan anggota dan itu akan terus kita kembangkan kedepannya. Baru ada sekitar 10 Wartawan dari sekitar 6 perusahaan media mainstream, cetak dan online," terangnya.

Putra berharap, setelah administrasi organ DPD GWI Provinsi Bali rampung, selanjutnya akan segera disusun program kerja (Proker) jangka pendek maupun jangka panjang.

"Sebagaimana arahan Ketum kami di DPP GWI, program utama kami adalah membangun Soliditas antar Insan Pers (red, wartawan) di daerah-daerah. Selain itu membangun Sinergitas dengan pihak Pemerintah maupun pihak swasta. Namun, tidak mengabaikan independensi selaku sosial kontrol," tutupnya.

Rahman Ketua DPD GWI Provinsi Bali melalui Bidang Humas menyampaikan rasa syukur dengan telah terbentuknya GWI di Bali, dengan harapan GWI akan menjadi wadah para Insan Pers yang kridibel, independen dan profesional.

"Dengan hadirnya GWI di Bali, kami sangat beryukur pada Tuhan yang maha kuasa Allah swt. Dan harapan kami, GWI Bali akan menjadi wadah organisasi yang kridibel. Para wartawan yang tergabung tentulah harus mengedepankan independensi dan profesionalitas dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik," ucap Paong panggilan akrab Ketua Bidang Humas DPD GWI Provinsi Bali. 

Selain itu Paong menyampaikan bahwa, struktural sudah terbentuk dan SK dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GWI sudah diterbitkan, serta kantor DPD GWI Provinsi Bali sudah siap ditempati.

"Kantor kami (DPD GWI Provinsi Bali) beralamat di Jl. Suli No.104 Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar, Bali," pungkasnya.

(Ong)

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

Lebih baru Lebih lama