AIR SUSU DIBALAS AIR TUBA




Media Mata Bind, Bogor - (06/03), Respon baik masyarakat saat mendengar adanya rencana pembukaan wilayah sekitar mereka tinggal untuk dijadikan sebagai komplek hunian baru biasanya selalu sangat positif bahkan terkadang berlebihan.

Antusiasme, harapan baik dan dukungan masyarakat sejak awal adanya proses pembebasan lahan, pemberian dukungan/ijin lingkungan, pembukaan lahan dan sebagainya hingga terlaksananya pembangunan suatu proyek yang seharusnya mendapatkan APRESIASI MAKSIMAL justru sering disalah-gunakan oleh para terduga oknum terkait proyek itu sendiri.

Ekspektasi masyarakat akan adanya suatu proyek di lingkungan sekitar mereka tinggal, yang tentunya diharapkan dapat memberi nilai positif seperti terbukanya berbagai kesempatan kerja dan berusaha untuk berbagai bidang tahapan proyek dengan prioritas warga setempat sebagaimana JANJI MANIS saat mengurus berbagai perijinan yang membutuhkan persetujuan warga sekitar.
------------
"Pihak Perumahan sangat keterlaluan, jangankan untuk mengupayakan adanya uang konpensasi kebisingan kepada para Kepala Keluarga terdampak dekat lokasi proyek, bahkan saluran pembuangan air yang telah ada sebelum proyek dimulai saja malah ditutup, hingga mengakibatkan genangan air di lingkungan rumah warga setiap terjadi hujan." ungkap DmB (50) salah seorang  warga sekitar perumahan tersebut.




"Terkait hak warga sekitar untuk dapat prioritas kesempatan kerja dan berusahapun, kami tidak mendapatkan hal itu, bahkan para pekerja yang berasal dari wilayah setempat justru mendapatkan DISKRIMINASI upah kerja bila dipersandingkan dengan pekerja lain.
Gaji kami justru jauh LEBIH KECIL dengan selisih DUA PULUH RIBU RUPIAH perharinya untuk bidang posisi dan jam kerja yang sama.
Semakin hari semakin banyak warga di sini yang justru jadi antipati, kemungkinan tidak lama lagi akan ada pengajuan keberatan berupa pengumpulan tanda tangan para warga" imbuh DmB yang juga merupakan salah seorang aktivis masyarakat tersebut kepada MediaMataBind.my.id
-
Upaya untuk mendapatkan informasi lanjutan dan klarifikasi/konfirmasi atas Informasi yang ada dengan mendatangi lokasi proyek berlabel Cibinong New City di Jalan Sirojul Munir kelurahan Pakansari, Cibinong, kab. Bogor tersebut belum berhasil diperoleh MediaMataBind.my.id dikarenakan hanya ada security, para pekerja lapangan dan marketing yang kurang berkompeten untuk memberikan jawaban yang diperlukan.
---
Pada kesempatan terpisah Rere Andin (36) salah seorang aktivis/Relawati yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar RelaWAN (FORKAWAN) sangat menyesalkan akan adanya hal tersebut dan turut memberikan tanggapan sbb : "Timbulnya suatu gesekan antara warga dengan pihak pengembang hunian baru sangat berpotensi menimbulkan keresahan dan kerenggangan sosial yang berkepanjangan bahkan hingga kepada para calon penghuni komplek baru tersebut. Kedua pihak harus segera dipertemukan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Dan dari pihak perumahan seharusnya melaksanakan berbagai kewajibannya dan juga memberikan berbagai hak yang seharusnya diterima oleh warga sekitar semisal pemberian konpensasi atas kebisingan bagi warga terdampak dan prioritas pemberdayaan warga terdekat hingga penanganan berbagai ekses dampak lingkungan yang terjadi ataupun akan timbul di kemudian hari."

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

أحدث أقدم