KAPOLRI INGIN LAYANAN LALU LINTAS MAKSIMALKAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI



MEDIA MATA BIND JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lantas TA 2021 di Pusdiklantas, Serpong, Tangerang Selatan hari ini. Sigit menjelaskan Korps lalu lintas (Korlantas) Polri sedang berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan Teknologi informasi.

"Hari ini kami membuka Rakernis Fungsi Lalu Lintas di mana di dalam Rakernis ini dari lalu lintas memiliki program bagaimana upaya untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan bersifat pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Ini tentunya menjadi satu capaian yang saya harapkan bisa diselesaikan dalam waktu 100 hari, sehingga kemudian masyarakat betul-betul bisa merasakan pelayanan kepolisian dengan mengandalkan teknologi dan informasi," ujar Sigit dalam jumpa pers di Pusdiklantas, Rabu (10/3/2021).

Sigit menyebut beberapa contoh pelayanan berbasis Teknologi Informasi yang ke depannya bisa dirasakan masyarakat secara online. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu hadir lagi secara fisik.

"Sebagai contoh misalkan ujian SIM dengan menggunakan aplikasi sehingga bisa dilaksanakan online, bagaimana membuat STNK, BPKB, dengan menggunakan Teknologi Informasi sehingga masyarakat tidak perlu hadir. Cukup dengan menggunakan aplikasi dan nanti setelah selesai akan dikirim dengan delivery sistem," tuturnya.

Selain itu, Sigit menyinggung tilang elektronik atau e-TLE yang segera diluncurkan ke 11 wilayah Polda. Menurutnya, e-TLE diperlukan untuk mengurangi interaksi antara masyarakat dengan anggota Polri.

"Dan bagaimana kemudian melakukan penegakan hukum lalu lintas dengan tidak perlu melakukan interaksi yaitu dengan sistem yang namanya e-TLE. Dan ini adalah waktu 100 hari akan dikembangkan ke 11 wilayah dan setelah itu akan dilanjutkan sehingga 34 wilayah polda semuanya bisa melaksanakan," terang Sigit.

"Ini tadi jadi concern kami sehingga tampilan Polri dalam memberi pelayanan ke masyarakat bisa jadi tampil lebih baik dan tentunya kita juga terus menerus melakukan evaluasi untuk perbaikan-perbaikan pelayanan kepolisian dan tentunya menjaga postur organisasi lebih baik ke depan," tandasnya.

Sementara itu, Kakorlantas Irjen Istiono membeberkan ada 4 program unggulan yang dia pamerkan di depan Kapolri. Di antaranya adalah pelayanan publik di bidang penegakan hukum, e-TLE, ujian SIM baru, hingga Samsat digital nasional.

"Saya sampaikan Rakernis Fungsi Lalu Lintas telah dibuka Kapolri. Saya tadi sampaikan tentang program unggulan Korlantas Polri di 100 hari program bapak Kapolri. Ada 4 program unggulan yang saya sampaikan dan ini nanti bisa wujud konkritkan untuk memberi pelayanan publik pada masyarakat yang terbaik," sebut Istiono.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kakor Sabhara Polri Irjen Nanang Avianto, Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto, hingga Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany

( RIYAN )

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

أحدث أقدم