Begini cara Penyembelihan Hewan Kurban Yang Benar dan Doa nya

 

MEDIA MATA BIND JAKARTA ,- Umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1446 H yang akan Jatuh pada 17 Juni mendatang. 14/06/2024

Hari Raya Idul Adha taklepas dari penyembelihan hewan kurban bagi yang mampu, ada beberapa jenis hewan yang akan disembelih dbisa seperti, domba, sapi, kerbau atau unta.

Memotong hewan kurban adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan (sunnah muakkadah) saat Idul Adha sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berbagi kepada sesama.

Tentunya ada yang perlu diketahui jika Anda hendak memotong hewan kurban, karena anda harus memperhatikan tata caranya agar sesuai syariat yang di anjurkan.

Sebelum menyembelih hewan kurban, Anda dianjurkan membaca doa terlebih dahulu. Doa tersebut dibaca dengan harapan agar Allah SWT menerima ibadah kurban yang dilakukan. 

Berikut doa hendak menyembelih hewan kurban: 

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya, "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya waihai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku."

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah cara menyembelih hewan kurban.

- Membaca basmalah

- Membaca sholawat nabi (Allâhumma shalli alâ sayyidinâ Muhammad, wa alâ âli sayyidinâ Muhammad)

- Menghadap ke arah kiblat, baik untuk hewan kurban maupun orang yang akan melakukan penyembelihan (hewan dibaringkan di atas lambung sebelah kiri, dan posisi lehernya yang dihadapkan ke kiblat)

- Membaca takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali (Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd)

- Mengucapkan doa (Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm)

- Menggunakan alat yang tajam untuk menyembelih

- Menyembelih hewan kurban dengan memotong tenggorokan, kerongkongan dan dua urat nadi di bagian leher hewan. Seperti yang di lansir halaman resmi Baznas.

Riyan

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

أحدث أقدم