Pembongkaran Material Gedung Bank BCA Sumenep, Abaikan Keselamatan Pekerja dan Pengguna Jalan


MEDIA MATA BIND SUMENEP - Gedung Bank BCA KCP Sumenep yang beralamat di Jl. Trunojoyo No.146 Kolor, Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang mana sedang dilakukan pembongkaran gedung dan pengangkutan material reruntuhan gedung, patut diduga mengabaikan keselamatan pekerja. Karena sejumlah buruh pekerja bangunan ditempat itu tidak menggunakan alat keselamatan diri saat melakukan aktivitas pekerjaan.

Mengingat lokasi Bank BCA KCP Sumenep yang sudah diruntuhkan itu tepat berhadapan dengan jalan nasional yakni Jl. Trunojoyo, tentu lalu lintas pengendara pengguna jalan cukup padat, terutama pada siang hari.

Terpantau reporter media ini, Mobil Dumtruck pengangkut material reruntuhan Gedung, saat evakuasi tidak ditutupi terpal, dan terpantau melakukan tindak pelanggaran lalu lintas dengan cara putar balik memotong jalan di pertigaan (simpang tiga) depan Bank BRI  KC Sumenep. 

Sehingga, akibat tindakan supir dumtruck yang sedang mengangkut material runtuhan Gedung Bank BCA KCP Sumenep dan tidak ditutupi terpal
melakukan putar balik memotong jalan, beberapa pengendara sepeda motor berteriak karena hampir bertabrakan dengan Mobil Dumtruck tersebut. Jum'at (12/7/2024).

Dikonfirmasi di lokasi pekerjaan BCA KCP Sumenep terkait sejumlah pekerja yang tidak menggunakan alat keselamatan atau perlindungan kerja, Agus Sholeh selaku mandor pekerja mengatakan bahwa para pekerja sudah terbiasa tidak menggunakan alat keselamatan diri, seperti penggunaan helm, rompi pelindung, sarung tangan, dan masker pernapasan.

"Iya mas, memang tidak menggunakan, soalnya pekerja tidak terbiasa pakai alat kerja itu. Mungkin karena tidak leluasa, tidak bisa satset bekerja," ujar Agus Sholeh.

Lanjut ditanya terkait keselamatan dan keamanan lingkungan pekerjaan, Agus Sholeh mengatakan bahwa hal itu bukan tanggung jawabnya. 

"Oh, itu bukan tanggungan saya, coba sampean tanyakan ke Satpam BCA. Dia ada di kantor disana," tukasnya sambil unjuk jari ke arah selatan dimana Kantor BCA KCP Sumenep berada.

Menurut Agus Sholeh, Gedung BCA KCP Sumenep diruntuhkan bangunannya sekitar 1 bulan lalu, dan saat ini sedang dilakukan evakuasi material reruntuhan gedung, dengan jumlah pekerja ada 10 orang, semuanya berasal dari Kabupaten Sampang, termasuk Agus sholeh juga berasal dari Sampang.

"Selama ini baik-baik saja, tidak ada teguran apapun, baik dari pihak kepolisian ataupun Perhubungan. Menurut saya tidak ada kesalahan apapun," pungkasnya.

Dikonformasi terpisah terkait situasi yang terjadi lokasi evakusi material reruntuhan gedung Bank BCA KCP Sumenep, Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution, SH.,MH menyampaikan terimasih atas info dan masukannya.

"Iya pak kami kroscek ulang dan cek kegiatannya, kebetulan saya keluar kota! Nti saya komunikasikan juga dengan rekan2 dilapangan," ucap Ipda Ifan Prayitno.,S.E personel BKO Polres Sumenep. 

Penelusuran media ini (Googling), bahwa peralatan K3 seperti APD, berperan penting dalam melindungi pekerja dari berbagai risiko dan bahaya di lingkungan konstruksi. Adapun Helm, rompi pelindung, sarung tangan, dan masker pernapasan adalah contoh perlengkapan yang dapat meminimalkan risiko cedera atau paparan bahan berbahaya.

(Ong)

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

أحدث أقدم