Membangun Batu Belubang: Destinasi Wisata Berbasis Budaya dan Sejarah


MEDIA MATA BIND Bangka Tengah ,- Kepala Desa Batu Belubang mengungkapkan komitmennya untuk terus mengembangkan potensi wisata yang ada di desanya.

Terletak di kawasan yang kaya akan sejarah dan budaya, Batu Belubang memiliki sejumlah situs menarik yang memiliki nilai sejarah dan cerita asal-usul yang perlu diperkenalkan secara luas, Situs-situs seperti Batu Nek, bekas telapak kaki yang terukir di atas batu, serta batu berlubang yang menjadi asal usul nama desa, merupakan daya tarik yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Kepala Desa berharap agar situs-situs ini dapat dikelola dengan lebih baik, sehingga tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga menjadi bagian dari pelestarian sejarah lokal.

“Kami ingin agar Batu Belubang lebih dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan sejarah. Situs-situs yang ada di desa ini menyimpan cerita penting yang dapat menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, jika dikelola dan dipromosikan dengan baik,” ungkapnya dalam wawancara.

Selain kekayaan alam dan situs sejarah, Desa Batu Belubang juga memiliki seni budaya dan tradisi lokal yang masih dijaga oleh masyarakat. Seni pertunjukan dan adat istiadat yang berlangsung setiap tahun menjadi salah satu potensi besar untuk menarik wisatawan, terutama yang tertarik pada wisata budaya.

“Kami berharap seni dan budaya desa ini bisa lebih diekspos, sehingga wisatawan tidak hanya datang untuk melihat situs sejarah, tetapi juga bisa menikmati kekayaan budaya yang ada di sini. Tradisi kami adalah warisan yang perlu dilestarikan dan diperkenalkan kepada dunia,” tambah Kepala Desa (Akhirman)

Sebagai langkah awal, pemerintah desa berencana untuk melakukan pengelolaan yang lebih terorganisir terhadap situs-situs sejarah dan bekerja sama dengan komunitas lokal serta pihak terkait untuk mempromosikan pariwisata Batu Belubang secara lebih luas, dengan sinergi antara pihak pemerintah, komunitas, dan pelaku wisata, Desa Batu Belubang diharapkan dapat berkembang menjadi destinasi unggulan di wilayah tersebut.

Dengan berbagai potensi yang dimiliki, Kepala Desa optimis bahwa Batu Belubang mampu menarik lebih banyak kunjungan wisatawan dan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat. 

(A/D)

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

أحدث أقدم